LOGO puskesmas kuripan
Beranda > Berita > Advokasi Penurunan Kasus Dbd Di Desa Giri Sasak
Berita Utama

Advokasi Penurunan Kasus DBD di desa Giri Sasak

Posting oleh puskesmaskuripanlobar - 9 Jan. 2024 - Dilihat 161 kali

Halo Sahabat Sehat!
.
Selasa, 9 Januari 2024 telah dilaksanakan kegiatan Advokasi penurunan kasus DBD di desa Giri Sasak. Hal ini dilakukan atas inisiatif kolaborasi dari petugas Surveilans, Sanitarian dan Promkes Puskesmas Kuripan. Advokasi ini diharapkan dapat menekan kejadian kasus Demam berdarah, tepatnya di dusun Perendekan utara dan Perendekan selatan. 
.
Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yan dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini dapat menular ketika nyamuk pembawa virus Dengue menggigit penderita demam berdarah, kemudian menggigit orang yang sehat. DBD umumnya ditemukan di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia, dimana angka kejadian penyakit ini biasanya meningkat ketika musim hujan.
.
Kegiatan Gotong royong dan gerakan PSN secara kontinue telah dilaksanakan, namun masih terdapat kasus yang muncul. Diperkirakan kejadian kasus ini juga terjadi akibat adanya mobilisasi masyarakat setempat dari daerah non endemis ke daerah endemis DBD.
Agenda awal hasil kesepakatan advokasi kali ini adalah kerjasama dengan remaja atau Karang taruna dalam dusun setempat dan tetap menggalakkan PSN atau pemberantasan sarang nyamuk dan 3MPlus.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *