LOGO puskesmas kuripan
Beranda > Berita > Pembekalan Pmt Lokal Bagi Ibu Hamil Dan Balita Gizi Kurang Diwilayah Kerja…
Layanan Publik

PEMBEKALAN PMT LOKAL BAGI IBU HAMIL DAN BALITA GIZI KURANG DIWILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS KURIPAN

Posting oleh puskesmaskuripanlobar - 31 Mei 2023 - Dilihat 193 kali

Rabu, 31 Mei 2023. Balita merupakan kelompok masa yang sianggap kritis sekaligus masa keemasan, yang memiliki masa tumbuh kembang berbagai organ tubuh. Bila ditinjau dari segi kesehatan keluarga, balita merupakan kelompok yang rentan dan paling mudah mengalami gizi kurrang bahkan gizi buruk. Adapun dampak yang diakibatkan antara lain dapat menghambat perkembangan otak , fisik, mental serta meningkatkan angka kesakitan dan angka kematian balita. Beberapa upaya pemerintah yang dilakukan untuk mengurangi permasalahan gizi perubahan perilaku ibu dalam memberikan makanan kepada balita. Peran ibu sangat penting terutama dalam meningkatkan pengetahuan tentang gizi serta keterampilan dalam menyediakan makanan bagi balita yaitu dengan cara memanfaatkan bahan makanan yang ada dan siolah oleh ibu balita. Begitu halnya dengan ibu hamil dimana masa kehamilannya yang harus membutuhkan makanan yang berfizi dan beraneka serta asupan yang lebih banyak dari porsi dari sebelum hamil dan jika diabaikan akan berpengaruh besar terhadap janin dan perkembangannya akan terhambat sehingga akan berpengaruh besar terhadap janin dan perkembanganya dapat beresiko melahirkan bayi BBLR (berat badan lahir rendah), dan beresiko juga saat ibu melahirkan.

Adapun tujuan dari kegiatan pembekalan ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan kader dalam rangka mengolah makanan sesuai standar gizi untuk ibu hamil KEK (Kurang energi kronis) dan balita gizi kurang..

Kegiatan ini dihadiri oleh kader posyandu dan 1 orang kader PKK masing-masing desa. Adapun narasumbernya dari dinas kesehatan kabupaten lombok barat.

Sebelum mulai demo masak PMT, diawali dengan materi.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *