LOGO puskesmas kuripan
Beranda > Berita > Pertemuan Dan Sosialisasi P4k Kepada Kader Dan Dukun Bayi
Berita Utama

Pertemuan dan Sosialisasi P4K Kepada Kader dan Dukun Bayi

Posting oleh puskesmaskuripanlobar - 6 April 2024 - Dilihat 156 kali

Halo Sahabat Sehat!
.
Sabtu, 6 April 2024 telah dilaksanakan pertemuan dan sosialisasi P4K kepada kader dan dukun bayi yang bertempat di aula UPT Puskesmas Kuripan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader dan dukun bayi terkait kehamilan berisiko, bahaya kehamilan dan perencanaan persalinan.
.
Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) merupakan kegiatan yang di fasilitasi oleh bidan dalam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas, termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.
.
Tahukah sahabat sehat bahwa terdapat beberapa penyebab utama kematian ibu seperti perdarahan, eklamsia dan infeksi yang juga dipengaruhi oleh faktor yang dikenal dengan 3 Terlambat dan 4 Terlalu.
3 Terlambat terdiri dari Terlambat mengenal tanda bahaya dan mengambil keputusan, Terlambat mencapai fasilitas kesehatan dan Terlambat mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.
Sedangkan 4 Terlalu terdiri dari kehamilan yang terlalu muda, kehamilan yang terlalu tua, jarak kehamilan yang terlalu dekat dan jumlah kehamilan yang terlalu banyak.
.
Adapun kegiatan ini dihadiri oleh bapak kepala Puskesmas dengan didampingi ibu KTU dan koordinator bidan bersama teman-teman bidan desa.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *