LOGO puskesmas kuripan
Beranda > Berita > Tindak Lanjut Laporan Db, Puskesmas Gerung Lakukan Penyelidikan Epidemiolo…
LINTAS SEKTOR

Tindak Lanjut Laporan DB, Puskesmas Gerung Lakukan Penyelidikan Epidemiologi Dusun Luwuk

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 16 April 2024 - Dilihat 319 kali

Gerung - Tindak lanjut laporan adanya kasus Demam Berdarah (DBD) pada warga, Tim Puskesmas Gerung melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) Selasa, 16 April 2024.

Kegiatan PE yang dilakukan meliputi: wawancara kepada keluarga penderita, pelacakan kasus Demam lainnya dan melakukan observasi serta pemeriksaan jentik pada radius 100 meter dari lingkungan sekitar rumah penderita.

Selain itu PE dilakukan untuk mengenal sifat-sifat penyebab, sumber dan cara penularan serta faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya kasus.

Kegiatan dilaksanakan di sekitar rumah penderita Dusun Luwuk Daye. Survei lingkungan meliputi pemantauan sumber-sumber kontainer/wadah-wadah berisi air pada rumah warga yang berpotensi menjadi tempat bertelur nyamuk demam berdarah dan menjadi sumber penular serta edukasi pencegahan pada warga bila ditemukan kontainer-kontainer yang dapat menampung air hujan dengan cara murah, mudah, efektif yakni Menguras tempat penampungan air seperri bak mandi minimal 1x seminggu, menutup tempat-tempat yang berpotensi menampung air hujan serta mengubur barang bekas atau mendaur ulang dan pemberian bubuk larvasida (abate) bagi warga yang memiliki bak mandi terbuat dari semen/keramik.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *