LOGO puskesmas kuripan
Beranda > Artikel > Cacingan Pada Anak
Artikel

Cacingan Pada Anak

Posting oleh puskesmaskuripanlobar - 20 Maret 2024 - Dilihat 585 kali

Halo Sahabat Sehat!
.
Sahabat sehat pasti sudah tidak asing lagi kan dengan cacingan?
Cacingan atau ascariasis merupakan suatu infeksi yang disebabkan oleh cacing atau parasit yang ada di dalam tubuh. Umumnya jenis cacing yang menyerang adalah cacing pita, cacing kremi dan cacing tambang. Perilaku hidup yang kurang sehat dan tidak bersih dapat menjadi pemicu terjadinya infeksi cacingan pada manusia. Anak-anak menjadi kelompok yang rentan terinfeksi karena gemar bermain dan beraktivitas dengan tanah. 
.
Adapun tanda si kecil cacingan yang dapat sahabat sehat kenali, yaitu:
1. Anak tidak memiliki nafsu makan,
2. Berat badan menurun,
3. Lemas dan lesu,
4. Mengalami gatal di anus atau daerah sekitar anus,
5. Sakit perut,
6. Sulit untuk fokus, dan
7. Mudah tersinggung.
.
Pada bulan Maret ini, UPT Puskesmas Kuripan turut melaksanakan kegiatan pemberian obat cacing di Posyandu dan sekolah dasar di wilayah kerja UPT Puskesmas Kuripan. Kegiatan ini bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi. Selain di bulan Maret, kegiatan ini akan dilaksanakan kembali di bulan September nanti.

Jadi ayo sahabat sehat, cegah cacingan pada anak dengan konsumsi obat cacing 2 kali dalam setahun.
Salam Sehat!

Referensi:
Faridan, K., Marlinae, L., & Al Audhah, N. 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kecacingan pada siswa Sekolah Dasar Negeri Cempaka 1 Kota Banjarbaru. Jurnal Buski, 4(3), 21437.
Sigalingging, G., Sitopu, S. D., & Daeli, D. W. 2019. Pengetahuan tentang cacingan dan upaya pencegahan kecacingan. Jurnal Darma Agung Husada, 6(2), 96-104.