VISI : Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Kuripan yang Mandiri untuk hidup Sehat dengan dilandasi nilai-nilai Patut Patuh Patju
MISI :
Mendorong dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan serta berprilaku hidup sehat
Menggerakkan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan lintas sektor dalam rangka mendukung pembangunan berwawasan kesehatan
Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas adil merata dan terjangkau oleh oleh seluruh lapisan masyarakat
Memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan individu keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya.
MOTTO PUSKESMAS : “PRIMA”
P: Peduli
R: Ramah
I: Ikhlas
M: Mandiri
A: Aktif
FALSAFAH PUSKESMAS
Peduli terhadap keluhan pasien
Ramah, sabar dan empati dalam melaksanakan pelayanan kesehatan
Ikhlas, jujur, disiplin dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas
Mandiri dengan sikap profesianal dalam tugas, bekerja jujur, tertib, cermat dan bersemangat, bersikap sopan, dalam memberikan pelayanan dan tidak menyalagunakan wewenang, serta tidak melakukan pungutan yang tidak syah dalam melaksanakan tugas.
Aktif berinovasi kreatif, dan bekerja sama secara professional
NILAI-NILAI DASAR PUSKESMAS
Bertindak cepat dan tepat
Berpihak kepada masyarakat
Menegakkan kedisiplinan
Menunjukkan transparansi
Mewujudkan akuntabilitas
BERTINDAK CEPAT DAN TEPAT :
Cepat mengambil keputusan dalam memberikan pelayanan atau tindakan kesehatan, terhadap kasus/masalah yang bias bersifat mendadak (emergency) maupun mendesak (urgency)
Tepat dalam melaksanakan proses pelayanan kesehatan sesuai prosedur tetap atau protap atau standard operasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan
BERPIHAK KEPADA MASYARAKAT
Masyarakat sebagai subyek pelayanan, berhak menentukan jenis pelayanan kesehatan yang terbaik sesuai masalah yang dihadapinya
Masyarakat sebagai obyek pelayanan, wajib diberikan pelayanan kesehatan yang bermutu agar mencapai derajat kesehatan yang optimal
MENEGAKKAN KEDISIPLINAN :
Disiplin kerja : menegakkan semangat kerja dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat atau sasaran pelayanan
Disiplin administrasi : melakukan pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan pelayanan secara tertib, teratur, terarah, terbuka dan terukur.
MENUNJUKKAN TRANSPARANSI :
Menunjukkan keterbukaan pelayanan, dengan aturan kerja yang jelas, ringkas dan tuntas, sehingga bias dipahami oleh sasaran pelayanan
Menunjukkan keterbukaan anggaran, sesuai tata hokum dan peraturan yang berlaku dalam lingkup pelayanan kesehatan
MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS :
Hasil kegiatan pelayanan diarahkan secara bertanggung jawab terhadap institusi internal didalam lingkup pelayanan kesehatan dan kepada institusi eksternal diluar lingkungan pelayanan kesehatan.
Tanggung jawab terhadap masyarakat, sangat penting sekali karena menyangkut upaya peningkatan pemberdayaan derajat kesehatan masyarakat secara holistik.