LOGO puskesmas kuripan
Beranda > Berita > Kegiatan Screening Anemia Remaja Putri Sman 1 Kuripan
Layanan Publik

Kegiatan Screening Anemia Remaja Putri SMAN 1 Kuripan

Posting oleh puskesmaskuripanlobar - 13 Jan. 2024 - Dilihat 233 kali

Selamat pagi sahabat sehat!
Semoga akhir pekan ini kita selalu dalam keadaan sehat sempura jasmani dan rohani.
.

Kali ini sebelum mengakhiri pekan, kami di wilayah kerja UPT Puskesmas Kuripan telah melaksanakan kegiatan skrining anemia bagi remaja putri kelas X tepatnya di SMAN 1 Kuripan yang berlokasi di dusun Tegal desa Jagaraga.
.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut dari evaluasi hasil distribusi tablet tambah darah (TTD) yang rutin dilakukan oleh Puskesmas untuk siswa SMP dan SMA sederajat setiap tahunnya. Remaja putri menjadi sasaran dikarenakan mereka lebih cenderung dan rentan mengalami anemia yan disebabkan karena mengalami menstruasi setiap bulan, dan apabila tidak diimbangi dengan gizi yang baik maka faktor resiko terjadinya anemia akan semakin besar atau meningkat. Kegiatan skrining anemia pada remaja putri menjadi langkah awal pencegahan, melalui deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya anemia.
.
Adapun jumlah sasaran pada keiatan hari ini, yaitu 114 siswi dan yang diperiksa sebanyak 107 siswi atau 93 % dikarenakan terdapat siswi yang ijin tidak masuk sekolah. Adapun dalam pembukaan kegiatan ini disampaikan pula penyuluhan tentang maksud, tujuan dan manfaat dari tindakan pencegahan anemia bagi remaja putri. Hasil yang diperoleh pada pemeriksaan ini, yaitu sebanyak 35 siswi termasuk dalam kategori "tidak anemia", 45 siswi pada kategori "anemia ringan", dan 27 siswi pada kategori "anemia sedang".
.
Sekian informasi yang dapat kami sampaikan.
Terima kasih telah membaca dan selamat menikmati weekend sahabat sehat!


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *